10 Ciri Anak Terkena Flu Singapura

Flu Singapura, juga dikenal sebagai HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease), adalah penyakit umum yang sering menyerang anak-anak, terutama di musim hujan. 

Namun, kadang-kadang sulit bagi orang tua untuk membedakan antara flu biasa dan flu Singapura. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri yang khas dari Flu Singapura. 

Berikut adalah sepuluh ciri anak terkena Flu Singapura yang perlu diwaspadai:

1. Ruam pada Tangan, Kaki, dan Mulut

Ciri paling khas dari Flu Singapura adalah munculnya ruam kecil dan merah pada telapak tangan, kaki, dan di sekitar mulut anak. Ruam ini dapat terasa sakit atau gatal dan sering kali disertai dengan benjolan berisi cairan.

2. Demam

Anak yang terkena Flu Singapura sering mengalami demam, yang bisa menjadi salah satu gejala awal. Demam dapat terjadi secara tiba-tiba dan meningkat dengan cepat.

3. Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah gejala umum Flu Singapura. Anak mungkin mengeluhkan sakit saat menelan, yang dapat menyebabkan penolakan untuk makan atau minum.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Anak yang terkena Flu Singapura sering kehilangan nafsu makan karena sakit dan tidak nyaman, terutama jika mereka mengalami nyeri mulut atau tenggorokan.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menjadi gejala yang dialami anak terkena Flu Singapura. Mereka mungkin merasa pusing atau mengalami ketidaknyamanan di area kepala.

6. Nyeri Tubuh

Nyeri otot dan tubuh adalah gejala umum dari Flu Singapura. Anak mungkin merasa lemah atau tidak berenergi karena tubuh mereka berjuang melawan infeksi.

7. Kehilangan Energi dan Aktivitas

Anak yang terkena Flu Singapura cenderung menjadi lemah dan lesu. Mereka mungkin tidak tertarik untuk bermain atau melakukan aktivitas yang biasa mereka lakukan.

8. Munculnya Luka di Mulut

Selain ruam di tangan dan kaki, Flu Singapura juga dapat menyebabkan luka kecil atau borok di dalam mulut anak. Ini bisa sangat menyakitkan dan membuat makan atau minum menjadi sulit.

9. Nyeri pada Sendi

Beberapa anak yang terkena Flu Singapura juga mengalami nyeri pada sendi mereka. Mereka mungkin mengeluhkan sakit pada pergelangan tangan, lutut, atau sendi lainnya.

10. Gejala Flu Umum

Selain gejala khas Flu Singapura, anak-anak juga dapat mengalami gejala umum flu seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua anak yang terkena Flu Singapura akan mengalami semua gejala ini. Beberapa anak mungkin hanya mengalami beberapa gejala ringan, sementara yang lain mungkin mengalami gejala yang lebih parah. 

Jika Anda curiga anak terkena Flu Singapura, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Scroll to Top