6 Tips Cari Tenaga Pendidik Pengasuh Berkualitas

Mencari dan mendapatkan nanny yang memiliki kriteria sebagai tenaga pendidik pengasuh berkualitas dan cocok dengan anak bukanlah perkara gampang. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil nanny untuk merawat dan mengasuh anak.

Kebutuhan akan nanny untuk sekarang ini memang sangat dibutuhkan. Apalagi buat ibu bekerja. Nanny akan sangat dibutuhkan dan membantu dalam mengasuh anak ketika ibu sedang bekerja.

Nah, untuk mendapatkan seorang nanny atau tenaga pendidik pengasuh berkualitas dan yang cocok anak tidak bisa memperkerjakan seseorang dengan sembarang. Apalagi jika berurusan dengan pengasuhan anak. Anda harus memperhatikan dan mempersiapkan segala hal secara detail. 

Mendatangi lembaga pengasuh yang terpercaya bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tenaga pendidik pengasuh berkualitas. Namun sebelumnya Anda harus tahu bagaimana tips mencari nanny yang baik, berkualitas dan tentunya cocok dengan anak Anda.

Cara Cari Tenaga Pendidik Pengasuh Berkualitas untuk Anak

Nanny yang mengetahui bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak dengan baik tentu akan berdampak pada pola pengasuhan anak. Cara berikut bisa dilakukan untuk mendapatkan nanny yang berkualitas.

  • Mencari Referensi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari referensi ke teman, saudara, tetangga atau keluarga yang telah menggunakan jasa nanny. Tak ada salahnya juga bisa mencari di internet tentang lembaga penyedia pengasuh anak.

  • Tentukan dan temukan kualifikasi

Setelah mendapatkan referensi yang sesuai, buat dan tentukan lah kualifikasi yang hendak Anda jadikan persyaratan. Pilih pengasuh yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda tetapkan.

  • Lakukan Interview

Selanjutnya lakukan kegiatan interview. Kegiatan ini urgen untuk dilakukan untuk mendapatkan dan menggali informasi lebih tentang calon pengasuh. Pada tahap ini Anda bisa menanyakan pengalaman atau track recordnya.

Selain itu Anda juga bisa menanyakan tentang gaji,  mengajukan pertanyaan yang bersifat role play dan lainnya. Menjelaskan secara detail tugas yang akan berikan dan lain sebagainya.

  • Lakukan Uji Coba dan Pengamatan

Lakukan juga tahap ujicoba, apakah anak merasa aman dan nyaman. Disini Anda bisa melakukan pengamatan. Bagaimana caranya berkomunikasi dengan anak, bagaimana cara mengasuh dan memperlakukan anak.

Perhatikan juga adab dan sopan santun pengasuh, penampilan. Secara tidak langsung hal tersebut akan berpengaruh ke anak.

  • Lakukan Pengawasan

Jangan lupa juga untuk melakukan pengawasan. Tidak harus setiap hari, terpenting Anda harus tetap melakukan pengawasan untuk melihat kinerja dan melakukan evaluasi.

  • Gunakan Penyalur Babysitter

Terakhir, Anda bisa menggunakan jasa penyalur  Baby Sitter atau nanny. Jika menginginkan pengasuh yang memiliki kinerja bagus, terpercaya dan memiliki latar belakang pendidikan pengasuh yang berkualitas, pilihlah yang memiliki standar internasional nanny.

Tentunya jika menggunakan tenaga penyalur pengasuh pastikan ada hitam diatas putih. Ini berguna untuk melindungi hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. 

Terpenting dari itu semua adalah pilih nanny atau pengasuh yang mampu membuat anak merasa aman dan juga nyaman serta sesuai dengan keinginan Anda.Pikirkan juga plus minus menggunakan jasa pengasuh anak. Jika sudah menyadari plus minusnya dan Anda menginginkan lembaga pengasuhan anak, bisa coba mengunjungi situs valtheconsultant.com untuk mencari informasi lebih tentang penyedia tenaga pendidik pengasuh berkualitas bagi anak tercinta.

Scroll to Top