Bolehkah Ibu Menyusui Mewarnai Rambut? Berikut Ulasannya

Sebagian wanita, termasuk ibu menyusui, terkadang ingin mengubah warna rambutnya agar terlihat lebih menarik. Namun, pertanyaan yang muncul adalah, bolehkah ibu menyusui mewarnai rambut? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita simak ulasan berikut.

Bolehkah Ibu Menyusui Menggunakan Cat Rambut?

Jawabannya boleh. Meskipun cat rambut mengandung sejumlah bahan kimia, penggunaannya diklaim aman bagi ibu menyusui. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan dampak negatif dari mewarnai rambut saat menyusui terhadap bayi. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Organization of Teratology Information Specialist pada tahun 2022 juga mendukung hal ini. Menurut penelitian tersebut, kemungkinan bahan kimia dalam cat rambut yang terserap ke dalam pembuluh darah sangatlah kecil, sehingga potensi masuk ke dalam ASI juga rendah. Dengan demikian, mewarnai rambut saat menyusui tidak dilarang dan dapat dilakukan dengan aman.

Apa Efek Samping yang Dapat Timbul?

Mewarnai rambut saat menyusui tidak memiliki dampak atau efek samping yang berarti pada bayi yang sedang disusui. Namun, penggunaan cat rambut tetap harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat menimbulkan reaksi alergi atau masalah lainnya pada ibu menyusui akibat bahan kimia di dalamnya. Oleh karena itu, melakukan tes alergi sebelumnya sangat disarankan.

Tips Aman Mewarnai Rambut Saat Menyusui

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mewarnai rambut dengan aman saat menyusui:

1. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum menggunakan cat rambut, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama dokter anak, untuk memastikan keamanannya.

2. Lakukan Tes Alergi

Sebelum mengaplikasikan cat rambut, lakukan tes alergi terlebih dahulu untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

3. Pilih Cat Rambut yang Bebas Amonia

Hindari produk yang mengandung bahan kimia keras seperti amonia.

4. Berada di Ruangan dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Pastikan ruangan tempat Anda mewarnai rambut memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari paparan aroma yang menyengat.

5. Gunakan Sarung Tangan

Selalu gunakan sarung tangan saat mengaplikasikan cat rambut untuk melindungi kulit dari kontak langsung dengan bahan kimia.

6. Batasi Waktu Penggunaan

Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dan hindari waktu paparan yang terlalu lama.

7. Bilas Dengan Baik

Pastikan rambut Anda bersih dari sisa cat rambut setelah penggunaan.

8. Pilih Pewarna Rambut Alami

Jika masih ragu dengan produk cat rambut, Anda bisa memilih pewarna rambut alami seperti henna.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, ibu menyusui dapat mewarnai rambut dengan aman tanpa khawatir akan dampaknya pada bayi yang disusui.

Efek Samping Mewarnai Rambut

Meskipun demikian, beberapa pakar juga mengimbau risiko yang dapat muncul jika menggunakan cat rambut yang tidak alami untuk ibu menyusui. 

Berikut ini efek samping mewarnai rambut: 

1. Kemerahan kulit lokal

2. Rasa gatal

3. Rambut bercabang

4. Hilangnya kilau rambut

5. Kekeringan rambut

6. Rambut rontok

7. Rambut beruban

8. Pertumbuhan rambut lambat

Perlu dicatat bahwa efek samping dapat bervariasi tergantung pada jenis dan warna pewarna rambut yang digunakan. 

Pewarna rambut semi permanen dan permanen mungkin cenderung menyebabkan efek samping lebih sering daripada pewarna rambut sementara yang mungkin hilang setelah beberapa kali mencuci rambut.

Alternatif Pewarna Rambut Alami

Bagi Anda yang ingin menghindari risiko menggunakan pewarna rambut komersial, pewarna nabati alami bisa menjadi pilihan alternatif yang aman. Pewarna nabati buatan sendiri tidak hanya lebih ramah lingkungan, tetapi juga diyakini lebih aman bagi kesehatan.

Beberapa ide pewarna nabati buatan sendiri yang dapat Mama coba antara lain:

1. Jus bit untuk warna violet

2. Ekstrak kopi untuk warna coklat tua

3. Pasta prem hitam untuk warna ungu

4. Sage untuk warna coklat muda

5. Teh chamomile untuk warna kuning

6. Henna untuk warna merah

Anda dapat bereksperimen dengan berbagai kombinasi sayuran, kopi, atau teh untuk mencapai warna rambut yang diinginkan.

Meskipun mewarnai rambut tidak secara langsung memengaruhi bayi yang sedang disusui, tetap disarankan untuk mengambil langkah pencegahan. Memilih pewarna rambut sementara yang aman atau menggunakan pewarna nabati alami dapat membantu Mama merasa lebih aman dan nyaman.

Menyusui merupakan aspek penting dalam memberikan nutrisi bagi bayi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan semua faktor yang dapat memengaruhi kesehatan dan kenyamanan proses menyusui.

Scroll to Top