Cara Tepat Menyusui Bayi Baru Lahir, Orang Tua Baru Wajib Tahu!

Menyusui merupakan keterampilan yang Anda dan bayi pelajari bersama, dan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Terdapat berbagai posisi menyusui yang dapat Anda gunakan, dan penting untuk menemukan posisi yang paling nyaman dan efektif. 

Cara Menyusui yang Benar

Menyusui merupakan proses yang membutuhkan perhatian khusus terhadap posisi dan lampiran bayi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Kenali Posisi yang Nyaman

Sebelum menyusui, pastikan Anda merasa nyaman. Gunakan bantal jika perlu, dan pastikan bahu serta lengan Anda santai.

2.Pastikan Kepala dan Tubuh Bayi Lurus

Bayi sulit menelan jika kepala dan leher mereka tertekuk. Pastikan kepala dan tubuh bayi berada dalam garis lurus.

3. Pegang Bayi Dekat dengan Anda

Menopang leher, bahu, dan punggung bayi memungkinkan mereka untuk membungkuk ke belakang dan menelan dengan mudah.

4. Biarkan Bayi Mencengkeram Sendiri

Selalu bawa bayi ke payudara dan biarkan mereka melekat sendiri. Hindari membungkukkan payudara ke mulut bayi untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi. 

5. Pastikan Bayi Mendapatkan Posisi yang Benar

Tempatkan bayi dengan hidung sejajar dengan puting untuk mendorong mereka membuka mulut lebar dan melekat pada payudara dengan baik.

6. Hindari Memegang Bagian Belakang Kepala Bayi Biarkan bayi membungkuk ke belakang sehingga puting melewati langit-langit keras mulut dan berakhir di bagian belakang mulut yang lembut.

Cara Mendekatkan Bayi pada Payudara dengan Benar

Untuk membantu bayi Anda melekat dengan baik, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pegang bayi dekat dengan hidung sejajar dengan puting.

2. Biarkan kepala bayi membungkuk sedikit sehingga bibir atas mereka menyentuh puting. Hal ini membantu bayi membuka mulut lebar.

3. Ketika mulut bayi sudah cukup terbuka lebar, dagu mereka seharusnya menyentuh payudara terlebih dahulu, dengan kepala mereka membungkuk sehingga lidah bisa mencapai sebanyak mungkin payudara.

4. Dengan dagu bayi menyentuh payudara dan hidung mereka jelas, mulut mereka harus terbuka lebar. Ketika mereka melekat, Anda seharusnya melihat lebih banyak kulit puting yang lebih gelap di atas bibir atas bayi daripada di bawah bibir bawah mereka. Pipi bayi Anda akan terlihat penuh dan bulat saat mereka menyusui.

Dukungan Menyusui dan Bantuan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang menyusui, Anda dapat:

– Berbicara dengan bidan, petugas kesehatan, atau pendukung menyusui.

Cara Mengetahui Jika Bayi Mendapatkan Cukup ASI

Beberapa cara untuk mengetahui apakah bayi Anda mendapatkan cukup ASI melibatkan observasi selama menyusui:

1. Bayi Anda mulai menyusui dengan beberapa hisapan cepat diikuti oleh hisapan yang lebih lama.

2. Pipi mereka tetap penuh, tidak terhisap, dan Anda dapat mendengar mereka menelan.

3. Bayi Anda terlihat tenang selama menyusui dan melepaskan payudara sendiri ketika sudah cukup.

4. Mereka terlihat puas setelah sebagian besar menyusui.

5. Seharusnya sehat dan mendapatkan berat badan (meskipun kehilangan berat badan sedikit setelah lahir adalah hal yang normal).

Menyusui Bayi Prematur dan Sakit Perawatan Skin to Skin

Jika bayi berada di unit perawatan khusus, Anda mungkin diarahkan untuk mencoba perawatan kanguru (skin to skin) ketika bayi sudah cukup sehat. Ini melibatkan kontak fisik dengan memeluk bayi di bawah pakaian, membantu memperkuat ikatan dengan bayi prematur dan meningkatkan produksi ASI Anda. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan tim medis untuk panduan lebih lanjut.

Aturan Memberikan Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Susu formula menjadi solusi bagi ibu yang membutuhkan alternatif pemberian nutrisi kepada bayi baru lahir, terutama dalam kondisi tertentu di mana pemberian ASI tidak memungkinkan. 

Untuk memastikan keberhasilan dan manfaat maksimal, penting bagi ibu untuk memahami aturan dan panduan pemberian susu formula. 

Jenis Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Berbagai jenis susu formula tersedia di pasaran, tetapi, pemilihan yang tepat sangat penting. Pastikan susu formula yang dipilih sesuai dengan kebutuhan khusus bayi yang baru lahir.

Aturan Pemberian Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Perlu dicatat bahwa kebutuhan dan jenis susu formula dapat berbeda antara bayi cukup bulan, bayi kurang bulan, bayi sehat, dan bayi dengan kondisi kesehatan khusus seperti fenilketonuria atau hiperbilirubinemia.

Pertimbangan Penting dalam Pemberian Susu Formula

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi

Sebelum memberikan susu formula, perhatikan kondisi dan kebutuhan bayi. Bayi prematur atau berat lahir rendah mungkin memerlukan formula khusus dengan kandungan protein dan kalori yang lebih tinggi.

2. Sesuaikan Kandungan Susu Formula

Pastikan susu formula mengandung nutrisi esensial seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Perhatikan juga kandungan tambahan seperti ARA dan DHA yang berperan dalam perkembangan mata, sistem saraf, dan otak bayi.

3. Hati-hati terhadap Risiko Alergi

Beberapa bayi dapat mengalami alergi terhadap protein susu sapi. Monitor reaksi bayi secara hati-hati dan konsultasikan dengan dokter jika terdapat gejala alergi. Susu terhidrolisa atau formula asam amino mungkin direkomendasikan sebagai alternatif.

4. Perhatikan Takaran dan Frekuensi Pemberian

Selain memperhatikan kandungan, atur takaran dan frekuensi pemberian susu formula dengan cermat. Bayi baru lahir umumnya perlu diberi susu setiap 2–3 jam atau 8–12 kali sehari. Jumlah susu akan bertambah seiring pertambahan usia bayi.

5. Pilih Botol Susu dengan Bijak

Pilih botol susu bebas BPA dan sesuaikan ukuran dot dengan usia bayi. Pastikan dot yang dipilih sesuai agar susu keluar dengan kecepatan yang tepat, menghindari tersedak.

6. Perhatikan Cara Pembuatan dan Penyajian

Ikuti petunjuk pembuatan susu formula dengan benar. Pastikan tangan dalam keadaan bersih saat menyiapkan susu. Segera gunakan susu yang sudah disiapkan dan hindari penggunaan kembali jika tidak habis.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika masih ada keraguan atau pertanyaan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan panduan yang spesifik dan membantu memilih susu formula yang tepat untuk kebutuhan khusus bayi.

Dengan mematuhi aturan-aturan ini, Anda dapat memberikan nutrisi yang optimal dan memastikan tumbuh kembang bayi baru lahir dengan baik. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati. 

Scroll to Top