Persyaratan Untuk Menjadi Pengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan kondisi ketika seseorang memiliki kemampuan berbeda dari kebanyakan orang lainnya. Menghadapi anak seperti ini pun tidak bisa sembarang orang, bahkan mereka harus diatasi dengan seorang yang berpengalaman di bidang ini. 

Untuk menjadi seorang pengasuh untuk anak berkebutuhan khusus, Anda mungkin perlu memiliki hal berikut:

1. Pendidikan

Pengasuh untuk ABK biasanya membutuhkan setidaknya ijazah sekolah menengah. Beberapa pemberi kerja lebih memilih gelar perguruan tinggi dalam pendidikan anak usia dini atau bidang terkait.

Pengasuh ini juga harus sudah mengikuti ‘Pendidikan Khusus’ yang diajar oleh para pengajar bersertifikat di bidangnya. Biasanya juga mendapatkan sertifikat paling tidak sudah mengikuti beberapa metode dan cara bagaimana merawat, mendampingi ABK secara umum. 

2. Pelatihan & Pengalaman

Pengasuh khusus harus menerima pelatihan di tempat kerja mereka berupa observasi dan stimulasi training. Pelatihan ini dapat mencakup mempelajari kebiasaan anak, kebutuhan anak, bagaimana menghadapi situasi tertentu, menjadi partner terapis di rumah dan bagaimana berinteraksi dengan orang tua di tempat tinggal anak. 

3. Sertifikasi & Lisensi

Pengasuh ABK akan terlihat unggul jika sudah memiliki sertifikasi, bisa dijadikan nilai plus jika sebelumnya sudah belajar dan ada pengalaman. Ini membuktikan bahwa merawat anak-anak ini adalah sebuah  pekerjaan yang tidak mudah dan dituntut menunjukkan komitmen terhadap profesi tersebut.

Keterampilan Pengasuh untuk ABK

1. Keterampilan Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Pengasuh khusus harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan majikan mereka, anak-anak yang mereka rawat, dan anggota lain dari rumah tangga. Ini termasuk komunikasi verbal, seperti berbicara dan mendengarkan, serta komunikasi nonverbal, seperti bahasa tubuh dan gerakan.

2. Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Pengasuh khusus sering memiliki empati terhadap anak-anak yang mereka rawat, karena mereka mungkin memiliki pemahaman yang lebih besar tentang tantangan yang dihadapi anak tersebut. Empati juga dapat membantu seorang pengasuh terhubung dengan orang tua anak, karena mereka mungkin lebih memahami kebutuhan anak.

3. Kesabaran

Kesabaran adalah keterampilan yang diperlukan untuk setiap pengasuh, karena memungkinkan mereka tetap tenang dan terkumpul dalam situasi yang penuh tekanan. Pengasuh khusus harus memiliki kesabaran saat bekerja dengan anak-anak yang mereka rawat, karena mereka mungkin memiliki kurva belajar yang lebih lambat daripada anak-anak lainnya.

4. Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Pengasuh khusus harus fleksibel karena anak-anak ini mungkin memiliki jadwal dan perilaku yang tidak terduga. 

5. Kemandirian

Kemandirian adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas sendiri. Pengasuh khusus sering bekerja dengan anak-anak yang memiliki keterlambatan perkembangan atau kondisi lain yang membuat mereka sulit menyelesaikan tugas-tugas sendiri. Kemandirian adalah keterampilan penting bagi seorang pengasuh karena memungkinkan mereka membantu anak mereka belajar bagaimana melakukan sesuatu sendiri.

Lingkungan Kerja Pengasuh Khusus untuk ABK

Seorang pengasuh khusus harus bekerja di rumah keluarga yang mereka kerjakan dan memberikan perawatan untuk seorang anak atau ABK. Mereka bekerja secara erat dengan orang tua untuk mengembangkan dan menerapkan rencana perawatan yang memenuhi kebutuhan individual anak. Mereka juga bekerja dengan terapis dan profesional lainnya untuk memastikan bahwa anak menerima perawatan terbaik. 

Pengasuh khusus sering bekerja pada jam yang panjang. Mereka harus siap sedia 24 jam sehari untuk memenuhi kebutuhan anak. Mereka juga mungkin diwajibkan untuk bekerja akhir pekan dan hari libur. Pekerjaan ini dapat menuntut secara emosional dan fisik, karena anak-anak dengan kebutuhan khusus dapat membutuhkan perawatan dan perhatian yang besar. 

Namun, ini juga merupakan pekerjaan yang sangat memuaskan, karena pengasuh khusus dapat membuat perbedaan nyata dalam kehidupan anak-anak dan keluarga yang mereka kerjakan.

Bagaimana Menjadi Seorang Pengasuh Khusus

Saat memulai karier sebagai seorang pengasuh khusus, penting untuk pertama-tama mempertimbangkan jenis yang ingin Anda kerjakan. Apakah Anda memiliki pengalaman bekerja dengan anak-anak tersebut? Apakah Anda nyaman merawat orang dengan kondisi tersebut?

Selanjutnya, pikirkan tentang jenis keluarga yang ingin Anda kerjakan. Apakah mereka memiliki anak-anak lain di rumah? Bagaimana jadwal mereka? Apakah mereka memiliki hewan peliharaan? Ini semua adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat mencari pekerjaan sebagai pengasuh khusus untuk kebutuhan khusus.

Terakhir, pastikan Anda memiliki keterampilan dan kualifikasi yang tepat untuk berhasil dalam peran ini. Memiliki sertifikat CPR dan pertolongan pertama sangat penting. Serta, memiliki surat izin mengemudi yang valid. Juga, bersiaplah untuk memberikan referensi dari pemberi kerja sebelumnya dan tunjukkan kemampuan Anda dalam merawat orang berkebutuhan khusus ini.

Prospek Kemajuan

Cara terbaik untuk maju sebagai seorang pengasuh khusus adalah dengan mendapatkan sertifikasi. Ada banyak program sertifikasi online dan langsung yang tersedia. Setelah bersertifikasi, Anda akan dapat meminta gaji yang lebih tinggi dan memiliki peluang yang lebih besar untuk dipekerjakan oleh sebuah keluarga.

Scroll to Top