Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Diketahui Agar Tidak Salah Beli 

Perlengkapan Bayi Baru Lahir.

Menyambut bayi baru lahir memang penuh sukacita. Sehingga banyak orang tua yang menyambutnya dengan membeli banyak barang atau perlengkapan. 

Namun, ada banyak barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan untuk bayi baru lahir. Agar tidak salah, ada baiknya Anda mencari tahu dulu apa saja barang yang nantinya akan terpakai. 

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Paling Populer

Berikut ini rekomendasi perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Anda beli:

1. Kereta Dorong

Ada beberapa jenis yang bisa dipilih dengan harga mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000. Tergantung fungsi dari masing-masing kereta tersebut.

2. Car Seat 

Produk keamanan penting untuk melindungi bayi Anda dalam kejadian tabrakan di perjalanan adalah car seat. Bahkan di beberapa negara maju, orang tua wajib memiliki car seat jika ingin mengajak anak mereka bepergian menggunakan mobil. 

3. Tas

Cara yang nyaman untuk membawa popok, tisu basah, dan apa pun yang mungkin dibutuhkan bayi Anda saat Anda berada di luar rumah adalah tas. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 100.000 hingga lebih dari Rp 500.000 untuk tas desainer.

4. Kursi Makan

Kursi makan baik tinggi maupun rendah dapat digunakan saat si kecil sudah berusia 6 bulan. Yakni saat mereka siap untuk MPASI pertama kali. Kursi ini sangat dibutuhkan untuk mengajari si kecil mandiri saat makan. 

5. Bak Mandi Bayi

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bak mandi bayi. Cukup menggunakan mangkuk cucian bersih di wastafel atau bak mandi plastik. Harganya pun beragam, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Pilih yang paling murah namun berkualitas ya bunda. 

6. Matras

Pilih matras yang empuk agar ketika bayi diletakkan di ruangan, dia tidak merasa kesakitan tidur tanpa kasur. Pilih matras yang lembut dan tahan air agar tidak perlu menggantinya dengan kain.

7. Tempat Tidur Bayi 

Keranjang portabel yang biasanya terbuat dari berbagai bahan, hanya cocok digunakan di bulan pertama. Namun, benda ini cukup berguna ketika Anda ingin mengerjakan sesuatu tanpa perlu meninggalkan bayi di kasur. Bisa juga Anda membeli tempat tidur bayi yang dapat berayun. Agar ketika Anda sedang mengerjakan pekerjaan lain, bayi tetap aman berada di kasurnya. 

8. Selimut Bayi

Selimut bayi tentu sangat dibutuhkan hingga si kecil besar tentunya. Selimut selain berfungsi untuk menangkal dingin, bisa menjadi salah satu atribut agar anak tidak digigit nyamuk saat malam hari. 

9. Termometer Telinga Digital

Produk P3K memang dibutuhkan untuk bayi baru lahir. Usahakan milih bayi ini berbeda dari yang orang dewasa pakai. Pilihlah termometer sinar inframerah untuk mengukur panas yang dihasilkan di dalam telinga dan memeriksa apakah bayi Anda demam.

10. Penghitung Detak Jantung Bayi

Meskipun tidak wajib, tetapi alat ini dapat memberikan ketenangan pikiran kepada orang tua.

Produk Bayi Paling Berguna

Setelah Anda berinvestasi dalam item esensial, masih banyak produk bayi lain yang perlu dibeli. Tetapi mana yang benar-benar layak Anda beli. Berikut rekomendasi selanjutnya. 

1. Monitor Video Bayi

Menyertakan kamera untuk melihat bayi selain mendengarnya. 97% orang tua menganggap alat ini berguna jika mereka tidur terpisah dengan bayi sejak dini.

2. Monitor Audio Bayi

Terdiri dari dua bagian, satu tetap di ruang tidur bayi dan satu dipegang oleh Anda. Fungsinya sama seperti monitor video. 

3. Sterilisator Uap Listrik

95% orang tua menemukannya berguna untuk menjaga perlengkapan bayi tetap bersih dan bebas kuman.

5. Box Bayi

Melekat pada tempat tidur Anda dan memiliki sisi yang dapat turun untuk memudahkan pemberian makan tengah malam.

6. Gendongan Bayi

Gendongan diperlukan jika si kecil enggan berada di dalam stroller terlalu lama. Banyak orang tua merasa gendongan bayi mereka berguna selama berada di luar rumah.

7. Pouch Makanan Bayi yang Dapat Digunakan Ulang

Jika si kecil sudah mulai MPASI, cara mudah membawa camilan atau makan siangnya adalah dengan membawa pouch serbaguna yang dapat dipakai ulang. 

Produk Bayi Paling Tidak Berguna

Sementara itu, ada beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang dianggap tidak berguna, antara lain:

1. Penghancur Makanan Bayi

Banyak orang tua merasa ini tidak perlu karena alat lain dapat digunakan untuk membuat bubur maupun menghancurkan makanan padat lainnya. 

2. Tempat Pembuangan Popok

Meskipun dapat menyegel popok dalam plastik untuk menghilangkan bau, banyak orang tua merasa bisa menggunakan tempat sampah biasa.

3. Pompa ASI Manual

Meskipun murah, banyak orang tua memilih pompa ASI elektrik atau tidak memerlukan alat ini sama sekali.

4. Pemanas Botol

Jika Anda membuat susu formula segar, Anda seharusnya tidak memerlukan pemanas botol. Untuk susu siap pakai atau ASI yang telah dibekukan, Anda dapat menggunakan air panas.

5. Kursi Bumbo

Didesain untuk bayi yang belum bisa duduk sendiri. Hati-hati dalam penggunaannya dan hindari tempatkan di permukaan yang tinggi atau tidak rata.

6. Blender Makanan Bayi

Banyak orang tua merasa peralatan yang sudah ada di dapur mereka cukup untuk membuat makanan bayi.

Produk Bayi Lainnya yang Perlu Dipertimbangkan

Selain produk berguna dan tidak berguna, ada pula beberapa deretan produk yang mungkin bisa dipertimbangkan pemanfaatannya yakni:

1. Teether

Pastikan untuk memilih mainan gigi yang aman dan sudah food grade. Atau terbuat dari pewarna alami yang tidak membahayakan. 

2. Matras bayi dengan mainan

Dapat memberikan hiburan selama berjam-jam. Pastikan untuk selalu mengawasi bayi saat bermain.

3. Baby Walker

Ideal untuk bayi yang belum bisa berjalan. Pastikan untuk memilih yang aman dan sesuai dengan standar keselamatan.

4. Dot Bayi

Bagus untuk menenangkan bayi antara waktu makan.

5. Stroller Portable

Digunakan untuk bayi atau balita dan dapat dilipat menjadi tas untuk mudah dibawa. Umumnya lebih ringan daripada ranjang bayi standar. Akan tetapi, karena ini portable biasanya bahan tidak kuat seperti mode standar. 

Scroll to Top